Batik dan Kami

9 Apr

Dulu waktu gue kecil, batik yang gue punya kayaknya cuma batik seragam sekolah doank. Atau kain batik nyokap buat ke kondangan. Tapi sekarang konsep busana batik udah berubah banget ya? Modelnya makin modis, warna warni dari cerah ngejreng sampe yang kalem juga ada. Seneng deh, soalnya jadi bikin batik bisa dipake siapa aja dan kapan aja. Buat kerja bisa, nge mal bisa, dan pastinya pesta juga bisa. Anak gue pun suka pake batik. Mungkin liat papinya ganteng banget kali ya kalo pake batik.. hallaaaaah! 

(pic 1: Calista in Maysuda Kids – Papi, Mami, Tante Selvi and Om Dipto)

Awalnya sih dulu gue pernah bisnis kecil – kecilan buat kaos anak dengan bordiran batik. Soalnya waktu dia kecil, agak susah nyari baju tema batik yang kasual. Yang ada semua buat pergi atau pesta. Akhirnya gue buat aja t-shirt dengan gambar khas anak-anak pake motif batik. Eh, Calista suka banget. Hampir tiap hari make deh.


(pic 2 and 3 – Calista in BatiKiddy by Mamitee)

Sekarang koleksi batiknya udah nambah, dari mulai baju main, daster, piyama sampe kaen buat pesta. Bahkan saking sukanya sama piyama batik, piyama itu dipake, dicuci, kering dipake lagi! Huhu. .. Waktu liburan ke Yogja, yang dia minta juga baju batik.  Apalagi di Malioboro dan pasar Beringharjo harga batiknya jauh lebih murah dari Jakarta (ya iya laaaah yaaa!). Kalo dibolehin, dia juga lebih milih pake sandal batik 15 ribuan dari Jogya dibanding sandal “bermerk”nya.

(pic 4: Calista in Batik oleh-oleh dari Jawa :))

Gue sendiri sih suka banget liat anak kecil udah dipakein batik. Lucu, dan ngga kalah sama baju-baju luar. Mungkin yang harus diperhatiin kualitasnya aja. Biar gimana juga, kulit anak kecil kan masih sensitif, dan banyak batik2 yang proses pencetakkan atau pewarnaannya ngga bagus. Kasian kalo ntar gatel2. Trus modelnya juga harus diperhatikan. Namanya anak kecil, masih banyak gerak, keringetan dll, ya modelnya kalo bisa yang leluasa, bahan bagus dan menyerap keringat dan model nya ga ribet. Motifnya juga kalo bisa yg cerah ceria kali y a, jadi aura kanak-kanaknya mereka ga hilang.

(pic 5: Calista in Batik bought in Jogya)

Dulu sempet punya ambisi buat bikin motif batik anak sendiri, tapi apa daya, gambar aja gue kalah sama anak SD, huhu. Jadilah pas denger ada event Bodrexin Satu Batik Jutaan Jari  gue jadi semangat 45 banget buat ikutan. Tinggal upload cap sidik jadi si kecil ke fanpagenya Kebaikan Bodrexin, nanti sidik jari yang dikumpulkan akan diabadikan jadi motif batik! Seru ya J!!  Follow @tentangkebaikan buat informasi lebih lanjut yee. Oiya, acara ini juga ada roadshownya so jgn sampe ketinggalan!!

(pic 6 Calista in Bringharjo Market – Batik :))

Gue tau event ini dari mana lagi kalo bukan dari Mommies daily.  Buat gue, Mommies Daily informatif banget, terutama buat gue ‘ibu baru’. Paling suka liat Today’s Outfit nya anak – anak sekarang. Inspiratif banget! Trus juga bikin tenang kalo baca sharing-an mommies2 muda (maaf yaaa, saya in denial ga mau dibilang TUA! Huhu) yang lain. Berasa banyak temen, walau hanya didunia maya. Balik ke event Satu Batik Jutaan Jari ini, ada juga kompetisi seru dari Mommies Daily. Tinggal buat blogpost  tentang kecintaan kita dan keluarga tentang batik, plus foto Today’s Outfit si kecil yang oke pake batik. Abis itu daftarin aja link postnya di forum yang ini. Hadiahnya jangan dipake (Helllloooo KATE SPADE!!! Datanglah padakuuh ahuahuahua).

2012 Resolutions

28 Dec

So, new year’s approaching and like what I did previous year, and the year before, and pretty much almost every year, I will come up with a bunch of new year resolutions, which I will entirely forget by March. Every single effing year!

But…. I wont give up on them. Yeah, I’m kinda a sucker for that sort of quotes which says, if you want it, write it somewhere, dream big and go for it. Or something along that line. So, I will make my new year resolution now, here while I’m sitting in you-don’t-wanna-know-where.. tehehehehe

MY 2012 NEW YEAR RESOLUTIONS

1. Balance between work and motherhood. I have postponed my getting back to work time till now, when Calista is 25 month. We kinda need double income to make everything runs well in the family. I still believe that a stay at home mom is an ideal condition and BEST solution for a growing kid but let’s face it, not every body is that lucky. At least I had 2 best years of my life watching and teaching and nurturing our daughter.

2. Save money. Yeah… no long explanation needed for this one right? By not working for 2 years i have drained most of our saving so it’s time for me to fill them back. Now where is my “kacamata kuda”

3. Have a true holiday(s). My holidays for the past 2 years were not holidays. They are like moving my entire office (which is my daughter) to another place and worked overtime there. So now that she’s bigger, I really hope next year i get the chance to go to at least Bali/Malang/Jogya and or other countries that is not Singapore! And I do wish that country will have Disneyland in it!!

4. Be a better Muslimah. Alhamdulillah, I’ve started wearing Hijab now. The reason of which I better not share, so that it keeps me away from Riya, insha Allah. By doing that, I make a giant step towards my relationship with Allah. Hence, I will try to learn more about Islam and practice it correctly.

 

So there, I wont make a long list now, cause this list is hard enough to deal with.

Hello 2012, I dont believe you are the last year for humanity so, here we come to make the best out of you!

 

 

 

Me Time is just not Me

5 Dec

Udah ngga keitung deh berapa temen gue yang nyaranin gue buat ‘get away’ from anak gue bentaaaar (by bentar it means lamaa) buat punya ‘me time’ . Kayaknya gue udah keliatan stress bgt ya guys? Dan emang sih tingkat kedekatan gue sama Calista kadang ngga normal alias lebay. Kalo jauh2an dikit aja pasti salah satu bakal nyariin yg satunya. Kalo ngga si anak tereak2 Maminya manaaaa??? atau Mamikuuuuuuuuuhhhh!!!! atau Si Mami Kemanaaaaaaa??? atau Mamiiiii anaknya nyariiiin niiiiiih!!! *plus lagu Ayu Ting Ting soundtrack Dimanaaa dimanaaa… Ooor guenya yang sedikit kesetanan nyariin putri kecil cerewet itu kemana2 karena sakau pengen nyium dan peluk2.

Not that I dont want to loooh, in fact, gue yakiiin banget kalo gue sama calista perlu jauh2an. Apalagi kalo gue jadi kerja. Jadi dia bisa mandiri juga dan gue lebih legowo ninggalin dia. Jadi mungkin harus biasain pergi2 tanpa dia dari sekarang. 

Tapiiiih, gue emang ga suka me time!! I dont like to be alone, ga suka pergi2 sendiri, ngga suka nyalon sendiri, ngga suka nonton, ngafe apapun itu sendiri. Gue (yg ngaku manja) ini emang perlu orang yg gue sayang deket. Mau itu family, suami, anak , temen. Pokoknya ga mati gaya deh.

By now pasti pada bisa bilang ya udaaaah paling ngga kan bisa pergi hang out sama temen2 away from Calista… masak sih ga bisaaa? Well kalo cuma gitu2 doank sih pernah lah ya. Trus ya gue tetep ngga ngerasa refresh whatsoever tuh! walau udah ketawa ampe bego sama temen2 tapi the mother part of me nya sih masih tetep wish my baby is near. Salah ya? ya gpp deh kalo salah…. dari pada boongin diri sendiri cuma buat dibilang bener sama orang.

Some things can wait and some can’t.

2 Tahun belakangan ini gue rela bgt buat put most of my personal priorities buat anak dan suami. Specially buat anak gue di masa keemasan dia. Misal buat menyusui. Screw anything dan apapun yang orang bilang, but my kid harus minum ASI minimum 2 tahun!! Alhamdulillah dia sekarang udah 2 tahun 2 minggu dan masih menyusui. Buat gue ASI gue adalah hak dia, dan kewajiban gue buat ngasih. titik, ga ada embel2 alesan macem2. Jadi kalo gue harus Stay At home be it, kalo gue harus rela ngga keluar2 malem be it, kalo gue harus berbagi ranjang sama anak ya udin. Nikmatin aja. Malah heaven bgt tiap malem bisa liat 2 wajah orang yang paling gue sayang bobo deket gue!

Demikian juga dengan segala ke ‘me time’an itu tadi, bisa nunggu ntar lah. Or at aleast let’s start sekarang2 ajah, now that anak gue udah gedean. Gue ngga nganggep orang2 yg melakukannya salah loh ya. Bener deh, every person berhak buat punya caranya masing2. no right or wrong. Jadi plis deh jgn nyinyir! Apalagi orang2 yang not even married apalagi punya anak!!! whatdayaknow!

Kalaupun gue keliatan stress most of the time, (thanks to anak gue yg susyeee makaaaan! klasik!) ya bukan berarti gue ngga happy. Nah contoh gampangnya tadi, anak gue tuh susah makan. Tiap hari tuh 40% pikiran gue mungkin kesana. Dan being away from her (trust, I did this several times!!) malah nambah pikiran gue ttg keadaan dia, dan ga sama sekali ngurangin stress itu. Once I can get thru this (amiiiiiiin ya Allah!!!), gue yakin bisa refresh more than having 100x me times!

And now dengan rencana gue kerja tahun depan, PR bgt buat gue  belajar ‘jauh’ dari dia. Gue yang ga suka me time ini jadi pusing deh harus ngapain yg ngga mati gaya…. 😦 Soon or later emang tiba saat2 nyebelin ini.  Gue coba dengan nonton DVD sebanyak2nya kali yaa….  Uuugh… ME TIME, I HATE YOU!

 

 

 

Money no Money

22 Sep

Abis ngakak koprol baca pos ini, gue jadi pengen buat juga (aaah copycaaat doank bisanya, KW hidup gue) huhuhu.

Kalo tinggal di kota besar macam Jakarta ini emang harus smart! pinter aja ga jaminan deeh. Yg bener bisa jadi salah, yg salah bisa jadi bener, yg tajir keliatan sederhana kadang sok kere, yg miskin sok kaya. Yah begitulah korban2 pencitraan jaman modern ini. Tapi seperti pelajaran PPKn, intinya pengendalian diri aja.

” Jgn kelamaan liat ke atas, ntar leher lo sakit, dan jgn liat kebawah mulu, ntar ga maju2 malah nabrak”… adalaaah prinsip gue. (taelaaah ada juga nyokap yg sering bgt bilang gini takut gue berasa punya padahal ngga.. hehe).

Tapi emang bener. Kalo kita ngeliat temen2 kita yang hidupnya enak bgt, duit tinggal metik di belakang rumah, belanja tinggal bayar aja ngga liat harga, liburan tinggal ngepak2 koper, investasi tinggal nelpon broker pribadi yaaaaaa bisa sutressa barbarella lah hidup awaaak. Walaupun klise, tapi rejeki mah udah diatur sama Allah. Percaya aja (walaupun susah kadang merasa hidup tidak fair *curcol) kalo apa yg kita punya itulah yg kita butuh dan apa yg kita tidak atau belum punya berarti sesungguhnya kita ga butuh atau belom butuh.

Misalnya gue yg mobilnya kicik nih. Iyaaaa emang kalo mau enak sih  enakaan punya mobil gede satu kelurahan muat, ac adem, ada DVD, karoke dan kolam renang didalem dll, tapi kan yg sekarang tetep jauh lebih bagus dari kalo ga punya mobil. Pernah gue sampe berkaca2 (lebay) pas lagi stop dilampu merah. Anak gue yg gue pangku lagi liat keluar bengong serius, taunya dia lagi tatap2an sama anak segede dia yg lagi empet2an sama mama papa dan adik bayinya di satu sepeda motor! MIRIIIIIS! Ngerti ga ngerti gue langsung ‘ceramahin’ anak gue biar bersyukur. masih banyak temen2nya yg ga seberuntung dia.

Naaah susahnya, ngomong gampang, ngaplikasiinnya yg rempong. Gue sendiri masih suka berasa aaaah..duit ga ada cukupnyaaa. belom ini, itu dll. Pengen tas ini, baju itu, sepatu ini, make up itu daaaan the list goes on.  Tapi sekarang gue harus terima kenyataan kalo I’m just a full time mom. Single income suami harus dibisa2in tuh cukup buat kita.

Pernah gue nangis bombay gara2 makan hati pengen beli sesuatu. Walaupun teorinya uangnya ada buat beli tapi gue tau ada yg lebih penting nantinya yg mungkin butuh uang itu. Nangiis sendiriian deeeh kaya anak ga dibeliin mainan. Pas suami tau, dia sempet bilang, gue culture shock. “you used to be able to buy whatever thing you want and spoil yourself, now it’s not that simple”. Jleb laaah…iyaaa dulu waktu gue masih berstatus karyawan investment bank di sinjiapur (gayaaaaaaaa pencitraan berat) emang walau ga kaya2 amat money is not the biggest problem. Zara Sale .. SIKAT, Mango Sale … ANGKUT… Butuh sepatu Beli 5 Pasang … Bosen tas ini…. BELIIII.. Liburan…. Booooook… dan lain sebagainya (walau belum sekelas ngantri di Gucci Sale atau punya no waiting list di Hermes yaaa). Ga mikir laah intinya.

Tapi sekarang borooooo boroooo… beli baju juga kalo perlu aja. Kalo bisa di ITC. hihihi. Yg penting keperluan anak tercukupi baru deh gue mikirin diri sendiri. but then gue mikir, ngapain juga gue mikirin sale2 baju2 itu kaya dulu. Sekarang emang gue mau make kemana? pergi juga paling ke sekolah Calista atau weekend doank. See, I want it but I dont need it gitjuuu…

Nah trus? ya bener kata Indah tadi. PD aja lagiii… Kalo udah kece pake baju ITC juga KECEEE hihihi

Percaya deh Money can’t buy Happiness itu bener! Walau emang buat nangis sesegukan di dalem Alphard dan ngelap ingus pake scarf Hermes plus banting2 Bikrin saking keselnya itu jauh lebih keren “keliatannya” daripada nangis di Bajaj pake tissu warteg sambil banting2 tas kresek yaa.. hihihi (kaan labil kaaaan…)

Tapi  hati senang, ngga banyak pikiran, stress free juga bisa ga pake harta banyak. Punya suami (ganteng, uhuy) setia dan baik luar biasa, anak cakep pinter dan sayang sama orangtuanya, cukup waktu bareng keluarga + temen2 ketawa2 dan bisa inget Tuhan secara maksimal buat bersyukur adalah harta yang mahal bgt bagi gueeee… dan gue berusaha enjoy this to the maaaax sebelum gue menceburkan diri lagi buat bekerja.

“Tuh kaaaaan tadi katanya gpp, kok malah mau kerja…MUNAFIK??” Yes, our life masih jauh lbh beruntung dari jutaan orang. Tapi selama masih ada daya buat lbh meningkatkan kualitas hidup kenapa ngga? Nah disinilah fungsi baik buat ngeliat orang2 yg di”atas ” kita. Agar kita termotivasi buat lbh maju. Tp ga usah ngoyo. Punya prioritas laaah. Mana yg lebih penting dan mana yg engga.

Contoh gue, gue rela vakum ga kerja dulu krn prioritas gue = anak gue 2 tahun pertama. Make sure dia dapet ASI 2 tahun, gue ada 100% buat dia dimasa2 penting 2 tahun ini, biar dia dapet dasar pendidikan dirumah yg sesuai dengan kemauan gue +suami, make sure rumah kita punyamanagement yg bagus, dll. baru deh gue bisa melenggang kerja…. jadi ya gue gpp kalo dibilang “Rim, kalo lo masih kerja dari dulu mungkin udah minimal Manager kali sekarang”  bla bla bla hahaha.. yaaaah Insya Allah kalo ntar rejeki juga ada aja jalannya…Tapi ini kasus gue. Prioritas setiap household beda2.

Yak demikian lah posting ngawur ngidul ini. Jgn salah, gue juga masih kadang galau kok on and off sama kenyataan hidup, tapi yakin deh, Allah pasti tau yg baik buat kita. Asal kita terus berusaha semaksimal mungkin, berdoa dan bersyukur…. Again, harta ga dibawa mati teman2… Jabatan juga ga bakal ditaro dibatu nisan lo nanti.

Taken for Granted

19 Sep

Salah satu temen kantor gue dulu bilang kalo gue ini dikantor ‘fierce’ bgt (ciyeeeeee). Super frontal, ga banyak basa basi. Bahkan bos gue (gue direct report ke dia walau beda jenjang jauh bgt, secara dia MD of HR dan gue hanya pegawai biasaaaaa) bilang dia takut sama gue. Ahuahauhau.

Pernah ada kejadian gue yg disuruh maju buat ngejelasin sesuatu ke seorang Manager yg ngeyel. Bos gue (yg emang super baik) udah males bgt (bukan ga mampu tapi simply has no time juga). Trus gue aja lah yg disuruh one to one sama Manager ini buat nyelesain problem dia, and cut the hell crap outta him…. saaaah. Dan untungnya berhasilll. walau jiper pengen pipis jugaaa..

Tapi kalo diluar kantor/kerjaan, gue kok nyalinya kecoa bgt ya. Bisa aja ditindas sama orang2, susah nolak or bilang NO, dan akhirnya kesyel sendiri tapi ga bisa bilang. Sakit hati ciiiiin… Kalo udah gini yg kena pasti die lagi die lagi alias Suami gue. Kadang dia ga salah apa2 gue semprot dengan kata2 judes cinta. Kasian nyaaaaa huhuhu…maap ya babe!! *cium basah*

Awalnya sih emang ya kalo di suruh2 atau di ajakin apa2, atau di atur2 gimana iya2 aja biar slm ga bikin masalah, ada waktu atau ga ada ruginya deh. tapi kesininya kok jadi di’gunain’. Atau paling males, jadi digampangin. Contoh: ya rima laaah gampang dia pasti bisa/mau/sempet dll. Wait wait… lo pikir gue ibu rumah tangga ga punya acara? Gini gini kan saya sosialita gaul. *uhuk, keselek sendiri*

No wonder ya jiwa saya panas membara gini. Ga ada penyaluran kalo di blog sana twit pasti ngedumel. huhuh umaafkan pembaca dan followerskuhh yg tidak pun banyak… hihihi.

Jadilaaah hari ini saya berjanji…kalo akan meningkatkat keberanian dalam menghadapi orang. Kalo ga mau/bisa ya bilangKalo ga suka sama perlakuan orang juga bilang (baik2 tentunya). Jadi tidak menimbulkan masalah dikemudian hari, bikin makan hati dan nambah jerawat. Merdekaaaaah!

 

Balada baju seksi

18 Sep

Gue orangnya ga suka diatur, apalagi di judge dengan alesan yang ga konkrit (semeeeeen kali concrete!). Termasuk didalamnya adalah cara gue berpakaian.

Mumpung masih rame hoohaa nya komen si Foke ttg rok mini mengundang perkosaan, here’s my two cents:

I think it’s a total bull sh*t!

Ok, gue bukan cowo jadi mau gimana juga ga ngerti gmn cowo bisa napsu segitunya sampe memperkosa orang. Tapi dari cowo2 yg gue tanya, napsu tuh ga selalu krn pakaian cewe itu seksi.

Seperti halnya selera makanan, selera ‘lust’ cowo juga beda2. Ada yg napsu kalo liat cewe berbikini, tapi ga sedikit juga yg suka cewe tertutup bahkan berjilbab penuh. ‘Bikin penasaran’ adalah salah satu alesannya. Ada juga yg napsuan liat cewe pake baju sporty (+ keringet2 after workout), atau baju kantoran dll. Intinya beda2 laah.

Tapi cowo2 yg gue tanya itu tau, mau napsu gimana juga harus dikendaliin. Itu bedanya Manusia sama Binatang! Karena ga mungkin kan si penyuka cewe sporty bikin peraturan -‘Dilarang pake baju sport, soalnya gue jadi napsu’. Dimana2 mengontrol diri dulu lah baru orang, apalagi orang banyak!!

Orang2 yg mungkin tidak suka/mau/bisa/pantes berpakaian minim/seksi/terbuka/bentukbody/mengundang suka main generalisasiin aja cewe yg berbusana demikian, trus langsung nyalahin moral, agama dsb. Helllloooo! Ada 1001 alesan loh orang mau make baju apa dan gimana!

Banyak variable2 yg mempengaruhi cara orang berpakaian. Dari Taste, shape+size, cara pandang, lingkungan, pendidikan, pengetahuan, acara, pekerjaan dsb2 bla bla bla. Ga melulu krn pengen dibilang kece, seksi, cantik. Picik bgt kalo mikirnya smua cewe yg pake hotpants pengen pamer kaki (contohhhh). Kadang mungkin emang panas aja, atau ga mau ribet, orang mau main dipantai masak pake celana jeans cutbray? You get my point kan? Kalo pun ada yg pengen dibilang seksi ya gpp juga. Emang knp kalo dia seksi, lo siriiiik? Huhu

Emaaaaaaang, gue juga tauuu mestinya kalo cewe muslim kaya gue menutupi auratnya. I tell you something, sampe gue ntar pake jilbab (insya Allah amiiiiin), gue tetep ga setuju kalo pake jilbab bikin orang ga mau memperkosa. (Hello orang2 yg berjilbab jg banyaaak kali diperkosa, noh di arab bahkan yg pake abaya2 longgar). I believe there are greater reasons Allah for a woman to wear hijab dari pada mengurangi napsu cowo yg ngeliat dia.

Jadi intinya apaaaaa? Ya buat gue, hak orang lah ya mau pake apa, hak orang juga buat mendapat perlindungan dari orang jahat, hak orang untuk feels secure mau make apa aja, dan kewajiban orang untuk tidak menyakiti orang lain & tidak merusak orang lain. Jgn pernah ‘memberi alesan/alibi’ buat orang yg salah dan bikin susah orang yg ga salah.

Pesen gue (saaah pesen, kaya nenek2), buat yg berpakaian terbuka coba lbh hati2 aja. Apalagi yg kece, mulus + seksi. Kalo yg pake baju seksi udah, dandan udah tapi ga kece2 juga, itu mah masalah lo derita lo ya. Huhu. Trus buat yg ‘udah bener’ pakaiannya mbok ya jgn ‘menghujat’, jgn ketus kalo ngasih tau, jgn ‘tuuuh kan udah dibilangin ngeyel siiih’-kinda ‘tude, jgn merasa paling bener dan paling suci dimata Tuhan. Biar bagaimana, nilai seseorang bagi Allah cuma Allah yg tau. Kita bukan siapa2 buat nilai kadar iman orang.

Hidup Batik Indonesia! *lho*

Satu aja deh :)

9 Sep

After ada kali seabad lebih 6 hari ngga nge blog, marilaaah kita ngeblog lagi…

Mumpung masih dalam suasa lebaran yg identik dengan pertanyaan2 kunyuk macam: “kapan kawin, udah isi belom, udah jadi manager?, rumah udah berapa lantai, udah punya baju syahrini (makin asaaaal)…” pertanyaan yg paling gue kutuk adalah, kapan hamil lagi?

Adaaaa aja ceramah orang biar gue punya anak lagi. I mean, ok mungkin maksudnya baik ya, tapi suka2 gue (dan suami) laaah mau punya anak berapa. Emang situ yg bakal jagain anak gue kalo sakit, biayaain sekolah dia, atau beli tanah dan rumah buat masa depan dia?? haaaah?? emosi jiwa deh gue.

Orang2 yang deket sama gue pasti tau kalo gue (at least for now, ga tau ntar ) masih cuma pengen anak satu. Man, punya anak itu ngga gampang! Titipan Tuhan yg ngga bisa asal2an jaganya. Lo kira anak bisa gede jadi orang berguna dengan sendirinya?… Gue juga punya  alasan buat pendapat gue ini yg mungkin ga dialamin sama ortu2 lain yg punya beberapa anak. Kehidupan orang beda2 , no?

Alasan pertama (bukan utama) adalah being pregnant was not easy for me. Gue ngalemin banyak kesusahan waktu hamil. Morning Sickness yg gila2an sampe gue masuk RS, Carpal Tunnel Syndrome, migren parah dll. Ngalamin hal itu tanpa harus ngurus anak aja gue udah susah, apalagi kalo gue hamil + ngurus anak gue yang masih haus perhatian dan belom bisa di kasih pengertian banyak.

Alasan kedua adalah finance. Naif bgt kalo gue ngga mikirin hal ini. Biaya punya anak dari hamil sampe anak dewasa itu ga murah ciiing. Dan bagi gue ngapain punya anak banyak2 kalo ga bisa ngebiayain mereka, ngasih yg terbaik dan ujug2nya bikin hidup mereka susah. Ok, yg terbaik belom tentu mahal, tapi tetep, biaya ga mungkin kecil. Punya satu anak aja udah besar apalagi kalo lebih. Gue sih mending punya satu, tapi financial goal insya Allah bisa tercapai, hidup ga ngutang sana sini, kebutuhan pokok terpenuhi, pendidikan bisa bagus, hiburan juga bisa cukup dll.

Alasan ketiga, Waktu…. Gue udah 28 mau 29thn. tapi ultimate dream gue masih panjang. Banyak hal2 yg pengen gue lakuin yg susah kalo gue punya anak more than one. Ga perlu lah gue jabarin mimpi2 gue apa, ntar dibilang egois dll, well waddaya know.

itu beberapa big reasons gue pengen punya anak satu. ada beberapa alasan2 kecil lain sih, kaya ketakutan gue ga bisa adil, rumah jadi harus punya kamar lebih (kalo sekarang just perfect yoooo!) dll :p

Jadi yaaa toloooong bgt, jgn suruh gue hamil atau punya anak lagi donk. Gue  sendiri salut sama orang2 yg bisa punya anak banyak, but itu bukan buat gue aja :). kapish!